28 September 2010

Suriname Sambut Ramayana

Pergelaran sendratari Ramayana yang mengisahkan Rama dan Shinta mendapatkan sambutan meriah dari para pengunjung Festival Budaya Indonesia di Gedung Thalia Teater, Suriname.
Pertunjukan yang digelar Sabtu malam (25/9) di Paramaribo, ibu kota Suriname tersebut, disaksikan ratusan penonton yang memadati gedung pertunjukan terbesar di negara tersebut.
Sendratari Ramayana yang dibawakan para penari dari Yogyakarta tersebut, mengisahkan usaha Rama untuk merebut kembali kekasihnya Dewi Shinta yang diculik raja raksasa Rahwana.
Sandiwara tari yang biasanya ditampilkan di arena Sendratari Ramayana Candi Prambanan Yogyakarta dalam waktu sekitar tiga jam itu, dimainkan di Thalia Teater lebih pendek yakni 30 menit.
Usai pertunjukan digelar terdengar sambutan tepuk tangan penonton memenuhi gedung berkapasitas 500 orang tersebut.
Selain Sendratari Ramayana, gelar tarian Jepindo Dwimuko yang dibawakan penari Didik Nini Thowok juga mendapatkan sambutan meriah dari para pengunjung Thalia Teater.
Tarian yang menampilkan karakter dua penari wanita yakni Jepang dan Indonesia tersebut, dibawakan secara komedi oleh seniman dari Yogyakarta itu, sehingga mampu memancing gelak tawa pengunjung.
Sejumlah kesenian lain dari Indonesia yang ditampilkan yakni Tari Bambangan Cakil, Tari Gebyar Batik, Tari Krincing Mas, sajian musik aklung yang dibawakan anak-anak KBRI Suriname yang sebelumnya dibuka dengan tarian Lambang Sari karya Guruh Soekarno Putra.
Pergelaran Festival Budaya Indonesia dalam rangka "Indofair 2010" itu juga menggelar lantunan tembang-tembang Jawa dari penyanyi asal Solo, Jawa Tengah, yang terkenal di Suriname Yan Velia serta penyanyi setempat.
Sekjen Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Wardiyatmo, mengharapkan Suriname yang memiliki kesamaan sosial dan budaya dengan Indonesia, khususnya Jawa diharapkan mampu menjadi jembatan kebudayaan Indonesia ke dunia internasional, terutama kawasan Amerika Selatan.
Penulis: Jodhi Yudono | Editor: Jodhi Yudono | Sumber : ANT

Tidak ada komentar: