05 Agustus 2010

PBB Puji Habis Prajurit TNI di Kongo

Dua prajurit TNI dalam Kontingen Garuda XX-G menerima penghargaan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) karena profesionalisme dan kepemimpinannya selama menjalankan misi perdamaian PBB di Kongo.

Penghargaan diberikan langsung Komandan Misi Perdamaian PBB di Kongo (Mission de I'Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo/ MONUSCO ) Letnan Jenderal Babacar Gaye di Bunia, Kongo, Rabu.

Perwira Penerangan Konga XX-G/Monuc Kapten Caj Agus Hermansyah, dalam surat elektronik kepada ANTARA di Jakarta, Kamis. mengungkapkan, penghargaan pertama diberikan kepada Letkol Czi Arnold AP Ritiauw (Komandan Konga XX-G) yang diwakili Wakil Komandan Mayor Czi Ubaidillah.

Arnold dinilai memberikan inspirasi dan kepemimpinan yang professional, sedangkan penghargaan kedua diberikan kepada Sersan Mayor Udju Djuhana.

"Ini prestasi yang telah ditunjukan oleh Kontingen Indonesia dalam melaksanakan tugas, sehingga rakyat Kongo menjadi lebih percaya akan kehadiran PBB di negaranya," kata Babacar Gaye.

Ia melanjutkan, Kontingen TNI mampu membangun jalan Dungu-Faradje yang sangat vital bagi pengiriman perbekalan untuk masyarakat Kongo yang kekurangan pangan di daerah pedalaman dan rawan konflik.

Tak hanya itu, Kontingen TNI juga membangun Bandara Dungu dan fasilitas sosial untuk masyarakat, merangkul masyarakat lokal, dan pejabat sipil.

"Sangat mengagumkan, mengingat daerah itu merupakan wilayah rawan serangan milisi dan hebatnya operasi ini belum pernah dilakukan kontingen lain bahkan oleh PBB, kecuali prajurit TNI," kata Gaye.(*)

Tidak ada komentar: