18 November 2009

Warga Kabupaten Kediri Temukan Arca Harimau

Warga Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dikejutkan dengan temuan arca yang mirip harimau, terkubur di tanah sekitar 2 kilometer dari Petilasan Raja Kediri, Sri Aji Jayabaya.

"Saya menemukan arca itu di dekat sungai dan dalam keadaan terkubur. Untuk itu, saya menggalinya dan meletakkan di tempat yang aman, jadi satu dengan arca lainnya," kata Juki (63), warga yang menemukan arca tersebut, Rabu.

Ia mengungkapkan, arca temuan tersebut berjumlah tiga, yaitu dua berbentuk harimau, serta satu lagi berbentuk dewa. Satu dari dua arca seperti harimau tersebut tingginya sekitar 70 centimeter, sementara yang patung dewa setinggi 1 meter.

Juki juga mengemukakan, arca temuan baru tersebut berbentuk seperti dewa, sedangkan dua arca mirip harimau sudah lama ditemukan. Ketiga arca tersebut ditemukan di lahan jagung milik Imam Afad (37), warga setempat.

Ia mengaku, sudah mengetahui arca berbentuk seperti harimau itu setelah mendapat titipan pesan dari seorang dalang yang bernama Sucipto sekitar tahun 1974. Dalang tersebut berpesan agar ia menjaga arca dan tidak diperbolehkan untuk mengambilnya.

Juki juga mengaku, sudah melaporkan temuan tersebut kepada pihak desa serta kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri. Sayangnya, hingga kini belum ada tindak lanjut tentang temuan itu.

Pihak desa berencana menjaga patung itu hingga tim dari BP3 Trowulan maupun Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri datang ke lokasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Mudjianto mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim untuk memantau temuan tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan koordinasi dengan tim BP3 Trowulan, guna melakukan cek terhadap kebenaran temuan itu.

"Kami akan mengirimkan tim ke lokasi, guna menyelidiki temuan tersebut," kata Mudjianto.(*)

sumber antara

Tidak ada komentar: