22 Desember 2009

Sejuta Pesona Wisata Indonesia

MELEWATKAN liburan akhir tahun tak harus menguras kantong dengan jalan-jalan ke luar negeri. Pasalnya, di Indonesia saja bertebaran objek-objek wisata yang cukup memukau.

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Sudahkah Anda dan keluarga memiliki rencana untuk melewatkan akhir tahun? Liburan ke luar negeri seperti negara-negara Asia dan Eropa mungkin masih menjadi keinginan banyak orang untuk berakhir tahun. Tapi bagaimana bila dana terbatas? Jangan risau, liburan dengan mengunjungi berbagai objek wisata di Tanah Air tak kalah serunya, kok.

Apalagi, saat ini gerakan memopulerkan objek wisata di Indonesia sedang gencar digalang pemerintah. Beberapa waktu lalu, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik berharap seluruh masyarakat dapat mendukung pariwisata Tanah Air dengan cara mengunjungi lokasi wisata di Tanah Air sesering mungkin. Dia juga mengimbau para orangtua untuk mengajak anaknya berwisata di dalam negeri saja.

Dari sebuah survei sekitar lima tahun lalu, terungkap anak-anak dan remaja Indonesia diketahui hanya mengunjungi tiga provinsi selama hidupnya. ”Padahal, ada 33 provinsi di Indonesia yang semua indah-indah. Maka itu, kita dorong terutama para orangtua pada liburan akhir tahun ini mengajak keluarganya untuk berwisata di Tanah Air. Jangan ke Singapura atau Malaysia, tetapi pilih ke Tana Toraja atau Danau Toba,” tandasnya.

Danau Toba misalnya, merupakan salah satu dari 77 nominator keajaiban dunia 2008. Panorama indah Toba tampak terlihat mulai pagi hingga matahari terbenam. Maka tidak salah kalau Danau Toba menjadi nominator di ajang keajaiban dunia 2008.

Di tengah-tengah Danau Toba, terdapat pulau yang dinamai dengan Samosir. Dulunya, pulau ini dikelilingi perairan Danau Toba. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan hidup yang harus serba cepat, kalau tidak salah, telah dirintis jalan untuk menghubungkan daratan Pulau Samosir dengan suatu daratan.

Di sekitaran Danau Toba masih terdapat objek wisata yang bisa dikunjungi, seperti makam orang pertama Batak di Pusuk Buhit, Air Tujuh Rasa & Pemandian Air Panas di Pangururan, Air Terjun.

Objek wisata lain yang tentu tak kalah menariknya adalah Bali. Namun saking populernya, Bali mungkin sudah tak eksklusif lagi. Nah, melihat fenomena inilah Jero Wacik meminta masyarakat untuk tidak hanya mengunjungi Bali, karena ada banyak destinasi wisata lain yang juga layak untuk dikunjungi.

”Bali sudah sangat dipenuhi wisatawan dalam dan luar negeri. Jadi, kami imbau pilihlah tujuan wisata lain, seperti Palembang yang baru meluncurkan Visit Musi atau ke Belitung melihat lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di Sulawesi Selatan juga ada Festival Toraja dan di Nusa Tenggara Timur ada Festival Musik Sasando,” kata Jero.

Di Festival Toraja yang bakal dihelat pada Desember mendatang, ajang yang diberi nama Festival Budaya dan Lovely December 2009 ini akan dilangsungkan di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Acara ini akan merangkum berbagai kesenian dan hasil karya 21 kecamatan di wilayah kabupaten tersebut, juga provinsi lainnya.

Acara yang puncaknya akan digelar pada 26 Desember ini akan menampilkan pagelaran seni budaya, pameran kerajinan daerah, pameran foto pariwisata, bazar dan lomba masakan tradisional, pasar malam dan hiburan rakyat, serta dialog dan seminar budaya daerah. Festival Budaya dan Lovely December 2009 ini akan dijadikan titik awal untuk menarik kunjungan wisatawan lokal dan luar negeri kembali ke Toraja. Acara ini juga menjadi sarana untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing sektor pariwisata serta mendukung suksesnya program Visit Indonesia.

Menariknya lagi, menjelang akhir tahun ini, dunia pariwisata Indonesia juga tengah diramaikan dengan program promosi yang dapat dimanfaatkan keluarga yang berminat melakukan perjalanan wisata.

”Saya tegaskan lagi, ayo berwisata di Tanah Air, jangan sampai harus ke luar negeri. Menambah-nambah devisa mereka saja, mending buat kita,” ujar Jero.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Tidak ada komentar: