31 Oktober 2009

150 Personel TNI Berangkat ke Lebanon

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI - Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo memberangkatkan 150 personel Satgas Kompi Mekanis TNI Konga XXIII-C1/UNIFIL ke Lebanon, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (30/10/2009). Upacara pemberangkatan tersebut dihadiri oleh, Irjen TNI - Letjen TNI Lilik AS, Kaskostrad - Mayjen TNI M. Kusnowo, Aspers Panglima TNI - Marsda TNI Agus Mudigdo, Aster Panglima TNI - Mayjen TNI Suprapto, Kapuspen TNI - Marsda TNI Sagom Tamboen dan para Asisten Operasi masing- masing angkatan.

Dalam amanatnya, Kasum TNI menyatakan bahwa misi pemeliharaan perdamaian merupakan tugas pokok TNI dalam melaksanakan kebijakan pertahanan negara seperti yang tertuang dalam pasal 10 ayat (3) UU No. 3 tahun 2002 yang merupakan salah satu bentuk operasi militer selain perang.

Menurut Kasum TNI, penugasan operasi keluar negeri, pada hakekatnya merupakan kehormatan, kebanggaan dan harga diri sekaligus kepercayaan dunia internasional bangsa Indonesia pada umumnya dan TNI pada khususnya.

Dengan kinerja dan berbagai prestasi yang ditunjukkan oleh pasukan TNI, diharapkan membuahkan kepercayaan masyarakat internasional terhadap peran TNI dalam beberapa misi perdamaian PBB yang sedang berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan adanya permintaan resmi PBB untuk penambahan kompi baru, tegas Kasum TNI.

Kepada seluruh personel Satgas Kompi Mekanis TNI Konga XXIII-C1/UNIFIL, Kasum TNI menekankan : Memelihara dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kita selalu diberi bimbingan, petunjuk dan kekuatan ; Melaksanakan tugas dengan penuh disiplin, dedikasi dan loyalitas, sesuai dengan jati diri prajurit sapta marga sejati ; Menjaga dan menjunjung tinggi citra kehormatan bangsa dan negara dimata dunia, khususnya di depan prajurit negara lain yang sama-sama mengemban tugas perdamaian dari PBB ; Memahami dan menguasai aturan-aturan teknis dan strategi militer, hukum militer dan protokoler internasional ; Jaga dan tingkatkan soliditas dan solidaritas sesama prajurit TNI maupun dengan prajurit lain yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB pada umumnya.

Autentikasi:
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi

sumber okezone

Tidak ada komentar: