16 Oktober 2009

Pelukis Cilik Indonesia Menang Kompetisi Seni Dunia di Polandia

Seorang anak Indonesia yang berasal dari Bandung, Kevin Salim berusia 10 tahun, memenangkan kompetisi melukis XV International Children's and Youth's Art competition bertema "Always Green, Always Blue", yang diadakan di Torin, Polandia.

Karya Kevin Salim berhasil menyisihkan 25.500 karya yang dikirimkan pelukis anak-anak dari 56 negara, demikian Counsellor Any Muryani, juru bicara KBRI Warsawa kepada korespodnen Antara, Rabu.

Dikatakannya Festival tahunan yang diselenggarakan dalam 15 tahun terakhir ini bertujuan untuk saling mendekatkan hubungan antar bangsa melalui karya seni anak-anak.

Menurut Any, ketua penyelenggara Mgr Dariusz Delik dari Tumult Foundation menyampaikan kabar gembira itu langsung dalam suratnya kepada Dubes RI Warsawa Hazairin Pohan.

Pengumuman resmi penetapan lukisan terbaik dilaksanakan dewan juri dalam acara yang berlangsung Kamis di kota Torun, sekaligus pembukaan pameran 1162 hasil karya anak-anak dari seluruh dunia yang dipilih oleh panitia.

Pameran yang diselenggarakan selama sebulan di Galeria and Children Artistic and Creativity Center, di Torun yang merupakan kota kelahiran astronom terkenal Nicolae Copernicus.

Dikatakannya selain itu sebanyak 13 lukisan karya anak-anak Indonesia lainnya juga mendapat kehormatan untuk ikut dipamerkan.

Gubernur Kyavia-Pomerania Piotr Calbecki, mengirimkan undangan kepada Dubes RI Warsawa untuk hadir mewakili Kevil Salim, siswa yang tergabung dalam Ananda Visual Art School dari Bandung, dalam upacara tesebut.

Dubes Hazairin Pohan yang akan menyampaikan kuliah di Universitas Nicolae Copernicus sekaligus membuka Festival Film Indonesia Jumat akan menyaksikan lukisan Kevin dan 13 lukisan anak Indonesia lainnya dan bertemu dengan pantia untuk menerima penghargaan tertinggi yang diperoleh Kevin.

Menurut Any Muryani, pihaknya segera menghubungi keluarga Kevin Salim, menyampaikan kabar kemenangannya dan akan segera mengirimkan hadiah dan penghargaan ke Bandung

sumber antara

Tidak ada komentar: