28 Agustus 2009

Makin Luas Lahan Pertanian, Makin Sedikit Angka Pengangguran

Luas lahan pertanian Kabupaten Gorontalo (Kabgor), dianggap mampu menurunkan angka pengangguran di daerah itu. Gorontalo membutuhkan tenaga-tenaga professional untuk menanganinya. "Dengan luas lahan yang ada, sangat membutuhkan tenaga professional untuk mengelola," kata David, Jumat.

Menurut dia bahwa, luasnya lahan pertanian di Kabgor pada dasarnya memiliki potensi besar dalam pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Luas lahan yang tersebar di wilayah Kabgor mampu untuk menghapus angka kemiskinan yang ada, kerena saat ini 13.400 hektar sawah yang produktif, membutuhkan tenaga pertanian sebanyak 90 ribu orang.

"Untuk mengelola areal pertanian tersebut, diperlukan tenaga kerja yang banyak dan tentunya profesional," kata David.

Dia menambahkan bahwa, jumlah pengangguran di Kabgor saat ini, menunjukkan besaran angka dibawah kebutuhan pengelola lahan yang tersedia. "Jumlah pengangguran lebih sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan tenaga untuk mengerjakan lahan pertanian," tambahnya.

Sehingga dapat dikatakan areal lahan yang ada saat ini, mampu menghapus angka kemiskinan yang diakibatkan karena kurangnya lapangan kerja.

Untuk menyikapi hal tersebut, saat ini pihak pemerintah telah melakukan pelatihan keterampilan kepada 100 orang warga, yang akan mengerjakan lahan yang sudah disiapkan.

"Seratus orang tenaga kerja itu, sudah diberikan keterampilan untuk mengelola lahan pertanian," kata David.

SUMBER : KOMPAS

Tidak ada komentar: