28 Agustus 2009

Seniman Malaysia Peringati Pujangga Nusantara WS Rendra

Para seniman Malaysia mengadakan acara "Kata Suara Mengenang WS Rendra" suara-suara Generasi Baru karena pujangga yang dikenal sebagai Si Burung Merak merupakan pujangga nusantara.

"Para seniman besar dan muda kini berkumpul untuk mengenang pujangga nusantara WS Rendra dan karya-karyanya yang banyak dibaca dan memberikan inspirasi para seniman di Malaysia," kata Raja Aminudin, pemilik dan pengelola FA Fine Arts, di Kuala Lumpur, Sabtu.

Beberapa seniman yang berkumpul dan menyumbang acara untuk mengenang WS Rendra ini ialah Meor, Mali, Fyn Jamal, Abdullah Jones, Rozan, Rahmidin, Pyan Habib, dan RA Yusni. "Mereka yang ikut acara ini adalah yang mengenal Rendra secara pribadi, mengenal karya Rendra, dan merasa terinspirasi oleh karya-karya si Burung Merak itu," kata Raja Aminudin.

Raja Kamarudin sendiri selaku ketua panitia mengaku kenal secara pribadi dengan Rendra. Bahkan pernah membantu penampilan Rendra di Perak tahun 1990-an, dan juga diundang menonton teater khusus di rumahnya di Depok, bersama dengan seniman-seniman muda Malaysia.

"Acara ini bukan karena saya mengenal pribadi WS Rendra tapi lebih pada ungkapkan terima kasih atas sumbangan pujangga tersohor nusantara itu melalui sajak-sajaknya yang banyak berikan inspirasi lintas generasi di Malaysia," tambah dia.

Dengan membacakan sajak-sajak Rendra diharapkan akan mengingatkan hal-hal yang esensi dalam kehidupan, misalnay menjauhi kepura-puraan, kejujuran intelektual, dan nilai-nilai kemanusiaan.

sumber aNtaranews

Tidak ada komentar: