27 Agustus 2009

Seni Budaya Terus Dikembangkan

UNTUK mewujudkan Kabupaten Berau sebagai bandar wisata Kaltim, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Berau (Disbudpar) berupaya mengembangkan pembinaan terhadap warisan leluhur Berau. Pengembangan seni dan budaya itu akan ditampilkan di berbagai event akbar. Terutama dalam memeriahkan ulang tahun Berau yang akan berlangsung pekan kedua Oktober mendatang. Kepala Disbudpar Berau Rusdiani mengatakan, pihaknya kini mendata ulang sejumlah paguyuban yang memiliki kesenian khusus asal wiayahnya masing-masing.

Khusus kesenian Berau, pihaknya juga telah mendata sejumlah kecamatan yang memiliki kesenian khusus yang dapat mengangkat kebudayaan Berau. Seperti halnya kecamatan di kawasan pesisir. Dengan dikembangkannya budaya dan seni tradisional Berau masyarakat umum dapat memupuk rasa cintanya terhadap kekayaan budaya daerah. “Kita menyadari bahwa pada sisi seni dan budaya, masyarakat Berau saat ini sedang dihadapkan pada tantangan yang berat, akibat derasnya desakan budaya global. Pada dasarnya kita memang tidak bisa menghindar dari proses akulturasi budaya blobal yang semakin menguat, karena saat ini kita memang sedang berkembang menjadi bagian masyarakat dunia yang semakin menyatu”ungkapnya.

Karena itu, sudah masyarakat harus mampu memperkuat budaya Berau sebagai jati diri masyarakat asli Kaltim. Sebab, bagaimanapun budaya Berau adalah bagian dari kekayaan nasional. Untuk itu, perlu disadari bahwa bangsa yang besar sangat ditentukan juga oleh seberapa besar masyarakatnya mengapresiasi kekayaan budayanya bisa tumbuh sebagai negara modern dan maju, tanpa menjadi kehilangan akar budaya mereka. “Sudah semestinya menggali kekayaan budaya Berau, sehingga pada gilirannya budaya Berau mampu mewarnai bentukan budaya global yang kini masih terus berproses,”ungkapnya.

sumber : kaltim post

Tidak ada komentar: